Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis Keris Menurut Cara Pembuatannya

Jenis-jenis Keris Menurut Cara Pembuatannya

Dunia Klenik - Mungkin Anda sering mendengar ada salah seorang pemilik keris yang mengatakan keris saya kosong karena sudah tidak terawat atau sebab-sebab yang lainnya, kabar di masyarakat tentang isi atau tidaknya suatu keris memang masih simpang siur, meskipun keris itu adalah warisan keluarga, dari pemberian orang lain, membeli pada kolekter keris atau yang mendapatkan dengan cara-cara lainnya. 

Namun disini duniaklenik.com tidak akan membahas tentang cara melihat atau membuktikan isi keris. Ya, duniaklenik.com pernah mengupas tentang cara menguji kekuatan gaib keris.  Kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah Jenis-jenis keris menurut cara pembuatannya.

Pakar-pakar Perkerisan menyebutkan bahwa ada banyak sekali jenis keris yang beredar di masyarakat, namun dari sekian banyak keris yang ada, terdapat 4 jenis keris jika dilihat dari proses pembuatannya.

1. Keris Souvenir 

Jenis yang pertama ini adalah Keris yang sengaja dibuat untuk hadiah pada seseorang atau untuk diperdagangkan dalam dunia luas, biasanya keris ini dibuat sederhana atau juga ada yang dibuat indah dan sangat  memikat, tetapi isi atau tuahnya tidak ada. Keris dalam model ini biasa dibuat oleh pengrajin dan bukannya seorang Empu Keris. 

Keris ini biasa di produksi secara masal, dalam sehari seorang pengrajin keris ini dapat membuat 15 sampai 20 buah dan biasa diperjualbelikan sebagai barang Souvenir.

2. Keris Ageman 

Untuk jenis yang kedua adalah Keris Ageman, yakni keris yang hanya menonjolkan keindahan bentuk atau model keris saja. Umumnya keris yang demikian ini tidak ada isinya karena Sang Empu pada saat membuat keris tanpa melakukan upacara atau tapa brata tertentu. 

Untuk produksinya dalam sehari seorang Empu keris ini dapat membuat 3 sampai 5 buah keris.

3. Keris Tayuhan 

Jenis yang ketiga adalah Keris Tayuhan, merupakan keris yang dibuat oleh seorang Empu melalui upacara-upacara khusus dan tirakat tertentu.  Di jaman dahulu jika ada seseorang yang memesan Keris pada seorang Empu untuk suatu keperluan, bisa untuk kewibawaan, memperlancar datangnya rejeki atau juga untuk penolak balak. Lalu sang Empu membuat keris sesuai keinginan dari pemesannya dan tentu saja keris tersebut memiliki tuah atau isi sesuai keinginan dari sang empunya. Umumnya Keris model ini sederhana tapi ada juga yang dibuat indah dan menarik. 

Pembuatan keris ini dalam setahun seorang Empu hanya membuat 1 hingga 4 buah.

4. Keris Pusaka

Keris yang ke empat adalah Keris Pusaka, yakni sebuah keris yang dibuat oleh seorang Empu keris yang memiliki ciri – ciri indah dan memiliki tayuhan. Untuk keris yang satu ini pada saat pembuatan sang Empu harus melakukan upacara-upacara khusus agar keris tersebut bertuah. 

Melihat dari cara pembuatannya yang membutuhkan perhatian dan ritual khusus, maka dalam setahun seorang Empu keris hanya dapat membuat 1 atau 2 buah saja.

Jenis Keris yang berisi tayuhan itu pasti memiliki daya tersendiri bagi yang melihat atau memilikinya.  Bisa berupa perwujudan keris itu tampak galak, demes, wingit, atau memiliki prabawa tersendiri.  sementara untuk keris yang tidak berisi pasti tampak biasa tidak ada rasa atau sesuatu dalam perasaan kita. 

Dipercaya juga bahwa keris yang dulunya dibuat sebagai keris Tayuhan atau keris pusaka kekuatannya tidak dapat hilang. Hal ini disebabkan karena bahan-bahan yang dipakainya saja sudah mengandung tuah. Bahan besinya dicari besi pilihan yang bertuah, untuk pamornya juga demikian sehingga isi dari keris tersebut tidak akan hilang selama perwujudannya masih ada. 

Bila di logikakan dapat disamakan dengan besi Magnet, kita tahu bahwa magnet memang memiliki kekuatan untuk dapat menarik besi, dan kekuatan atau daya tariknya tidak bakal hilang selama unsur-unsur magnetnya masih ada.  seperti itu juga dengan Keris.  Ya, selama unsur besi, atau baja dan Pamor masih melekat kekuatan alaminya tidak bakal hilang. 

Dipercaya bawha hanya para empu yang mengetahui kekuatan atau daya apa yang terkandung dalam bahan-bahan keris tersebut. Bila ada orang yang dapat mengambil isi keris sebenarnya hanya daya postipnotis (daya-saran) yang dilekatkan empu saja yang diambilnya, sedangkan daya alami dari bahan keris akan tetap ada secara alami.

2 comments for "Jenis-jenis Keris Menurut Cara Pembuatannya"

  1. Aku sedang cari keris kuno boss... Punya info penjualnya ga boss?

    ReplyDelete