Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seramnya Hounfour, Kuil Suci Penganut Voodoo

Seramnya Hounfour, Kuil Suci Penganut Voodoo

Dunia Klenik - Voodoo adalah agama sinkretik yang dipraktikkan di beberapa tempat di dunia, yang terutama di Haiti. Apakah Anda apa nama tempat peribadatan suci dari penganut Voodoo?

Kuil suci Voodoo disebut Hounfour. Didalam upacara pemberkatan,untuk imam laki-laki disebut Houngan, dan imam perempuan disebut Mambo. Kuil suci Hounfour menjadi tempat suci yang digunakan untuk menghubungi roh Voodoo. Pada tempat ini, kita bisa menjumpai sebuah altar tinggi yang dihiasi tengkorak dan segala pernak-pernik Voodoo. 

Sebelum upacara dimulai, seperti dikutip dari Wikipedia, para penganut Voodoo yang menyebut diri mereka sebagai hamba roh, akan menyelenggarakan sebuah pesta. Pada lantai kuil akan digambar membentuk sebuah pola yang melambangkan Loa atau Lwa. Yang dimaksud dengan Loa adalah roh Voodoo. Sebutan mereka yang lain adalah Mysteres dan Invisibles, dimana mereka merupakan perantara antara Bondye (Bon Dieu atau dewa baik) - Sang Pencipta. 

Selama ritual berlangsung, para penganut Voodoo akan menari dan bernyanyi diiringi ketukan drum yang disebut Tamboulas. Konon salah satu penari akan dirasuki oleh Lwa saat melakukan ritual itu. Didalam upacara ini, pengikut voodoo (para hamba roh) akan mengorbankan beberapa binatang sebagai sesajen/persembahan, seperti: domba, ayam, kambing, atau babi. Konon persembahan itu akan menjadi santapan Lwa yang lapar.

Post a Comment for "Seramnya Hounfour, Kuil Suci Penganut Voodoo"