Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Misteri Suara Drumband Misterius di Yogya dan Kisah Nyatanya

Misteri Suara Drumband Misterius di Yogya dan Kisah Nyatanya

Dunia Klenik - Suara drumband misterius sempat mewarnai hiruk pikuk Kota Yogyakarta. Saat dini hari hingga Subuh hari kadang terdengar jelas suara drumband, tak tahu dari mana asalnya.

Bagi mereka yang tak percaya dengan cerita takhyul atau mistis meyakini kalau suara drumband itu berasal dari para taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) yang sedang berlatih. Tapi ada juga yang meyakini kalau itu suara dari alam lain.

"Saya pernah kejar ke daerah taruna AURI, namun tak ada apapun. Bahkan suaranya menghilang, mungkin saja telah bubar, karena saya ngejarnya dari titik jauh sehingga lama ketika sampai ke lokasi,"  terang mantan Ketua MK, Mahfud MD hari Minggu (5/1/2014).

Anehnya, kata Mahfud, saat ditanya ke orang-orang yang tinggal di kawasan sekitar AU di Maguwo tak ada yang yang tahu bahkan mereka tidak mendengar.

"Suara drumband aneh itu mulai terdengar kurang lebih setengah jam sebelum Subuh dan berakhir begitu ufuk timur sudah memerah menjelang terbitnya matahari," ungkap dia.

Mahfud masih mendengar ketika dia tinggal di Yogya pada tahun '80-an. Lelaki asal Madura ini mengaku tidak hanya dirinya yang mendengar suara tersebut. Beberapa temannya yang sama-sama perantau juga mendengar tapi tidak pernah menemukan jawaban suara drumband misterius itu.

"Namun sejak tahun 1990-an sudah tidak pernah terdengar lagi. Ada kemungkinan makhluk halus sekarang sudah takut kepada manusia. Bisa juga grup drumband-nya sudah bubar karena bersekolah sudah lulus. Namun cerita ini pernah populer di Yogya bagi perantau-perantau tahun 1980-an," jelasnya

Tidak hanya Mahfud, sebagian  warga Yogya yang ditemui mengaku pernah mendengar suara itu. Seperti disampaikan Indah dan Dea, keduanya bekerja menjadi pelayan hotel di kawasan Gejayan. Tapi Indah dan Dea menuturkan kalau suara itu berasal dari tempat wingit atau tempat yang dipercayai memiliki kekuatan gaib di Yogya.

"Tidak tahu siapa yang mainnya, tak pernah ketahuan," jelas Indah.

Sebenarnya, suara drumband itu berpindah-pindah bergantung yang mendengarnya. Saat tinggal di Selatan suara seperti dari arah Utara, dan ketika di Barat suara seperti di Timur dan sebaliknya.

"Kalau dikejar kemudian hilang suaranya," terang Uyung seorang warga Yogya.

Kami coba mencari tahu suara drumband itu pada dinihari akhir minggu lalu di Yogya. Namun seperti penuturan Mahfud MD, semenjak tahun '90-an suara itu tak pernah terdengar lagi. Sekarang hanya legendanya saja yang tersiar dari mulut ke mulut.

1 comment for "Misteri Suara Drumband Misterius di Yogya dan Kisah Nyatanya"