Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Tempat-tempat Bernuansa Mistis di Ancol

Inilah Tempat-tempat  Bernuansa Mistis di Ancol

Dunia Klenik -  Tempat rekreasi wisata Taman Impian Jaya Ancol dipenuhi dengan berbagai kisah mistis di dalamnya. Banyak warga Jakarta bahkan di luar daerah percaya ada tempat angker di Ancol.

Sebutan angker bukan hanya isapan jempol belaka, para pengunjung atau pegawai Ancol pernah mengalami dan menyaksikan keganjilan di tempat rekreasi tersebut. 

Berikut tempat-tempat di Ancol yang diyakini kental dengan aroma mistis.

1. Wahana Arum Jeram

Inilah Tempat-tempat  Bernuansa Mistis di Ancol

Setiap pengunjung yang datang ke Dunia Fantasi, sudah tentu tak ingin melewatkan kesempatan merasakan wahana favorit Arum Jeram ini. Tetapi ternyata di balik semua itu, tempat yang satu ini menyimpan sebuah tradisi menyimpan kepala kerbau di danau kecil sebelah wahana tersebut.

"Dahulu tahun 2005 ada kejadian yang mengenaskan tewasnya dua orang pengunjung yang naik arum jeram terjatuh dan jasadnya tak diketemukan, padahal petugas operator sudah menguras air yang kedalamannya mencapai 6 meter," kata mantan Tono (bukan nama asli), karyawan Dufan.

Lalu, dia menambahkan, dari pihak Dufan langsung memanggil seorang pemuka agama setelah kejadian tersebut. Lain daripada itu, Tono mengatakan, di setiap tahunnya pada saat Jumat kliwon karyawan Dufan selalu menanamkan kepala kerbau yang dipenuhi dengan lumpur di danau kecil samping lokasi, supaya tak terulang kembali kecelakaan tersebut.

Saat dikonfirmasi ke Humas Ancol, Mety Yan Harahap mengatakan dirinya tidak tahu soal itu. "Maaf saya belum update tuh," ungkapnya.

2. Pasar Seni

Inilah Tempat-tempat  Bernuansa Mistis di Ancol

Layaknya sebuah pasar seni pasti dipenuhi dengan pengunjungnya. Akan tetapi hal tersebut nampaknya tidak berlaku di Pasar Seni Ancol. Hal ini tidak terlepas dari adanya sebuah kejadian salah seorang pelukis yang tiba-tiba menghilang setelah dirinya melukis wajah sosok Si Manis Jembatan Ancol.

"Ada salah seorang kakek-kakek tua berambut panjang diikat dan penuh uban, melukis wajah Si Manis Jembatan Ancol satu malam suntuk, lalu lukisan itu tiba-tiba hidup dan kakek tersebut hilang hingga sekarang mas, peristiwanya saya inget betul itu tahun 2006," ungkap Rizal, seorang karyawan Ancol.

Rizal menambahkan, setelah kejadian tersebut, Lokasi pasar Seni menjadi sepi dan usaha kakek tua itu dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Ken di kios Pasar Seni blok B16. "Jika mas gak percaya samperin aja anaknya mas, namun anaknya sensitif kalau ditanyain soal itu," tandasnya.

3. Kuburan Belanda

Inilah Tempat-tempat  Bernuansa Mistis di Ancol

Kuburan Belanda Ereveld yang berada di sisi barat Ancol dan berdampingan dengan Pantai Carnaval juga tidak kalah seram. Ketika tengah malam, acapkali terlihat penampakan monyet-monyet berkeliaran di sekitar kuburan.

"Bila malam hari menjelang subuh itu serem mas kalau lewat situ, itu sebabnya banyak mobil dan motor yang ngebut," ungkap Budiman, salah satu penjaga pantai di kawasan Pantai Carnaval

Meski menyeramkan di malam hari, namun terlihat sangat indah di siang hari dengan nuansa putih dan nisan berbentuk salib yang berjejer rapih.

4. Pantai Marina

Inilah Tempat-tempat  Bernuansa Mistis di Ancol

Sebagai pusat dermaga wisata bahari ke Kepulauan Seribu, ternyata tidak lantas membuat Pantai Marina Ancol lepas dari sisi mistisnya. Sebab hotel mewah di kawasan tersebut dibangun di atas kuburan Belanda. 

"Di Pantai Marina itu banyak hotel di sekitarnya yang dulunya bekas empang dan kuburan orang-orang Belanda," kata Along (bukan nama sebenarnya).

5. Lapangan golf (ecopark)

Inilah Tempat-tempat  Bernuansa Mistis di Ancol

Ecopark dulunya merupakan lapangan golf di Ancol. Dari lapangan golf tersebut sering terdengar suara wanita menjerit.

"Dahulu di situ tuh lapangan golf, setannya banyak mas, terdengar suara-suara perempuan jerit nyaring keras gitu, namun semenjak diubah jadi ecopark udah jarang kedengeran lagi," kata Along.

Post a Comment for "Inilah Tempat-tempat Bernuansa Mistis di Ancol"