Jenis-jenis Batu Akik, Makna dan Kegunaannya Menurut Primbon

Jenis-jenis Batu Akik, Makna dan Kegunaannya Menurut Primbon duniaklenik.com

Duniaklenik.com - Apakah Anda termasuk orang yang suka dengan batu akik? Dipercaya bahwa batu akik dapat membantu untuk hal-hal yang berhubungan dengan kepribadian secara emosional dan fisik. Banyak kisah dan mungkin juga legenda yang mengatakan bahwa pemakai Akik akan dilindungi dari bahaya dan memberkahi pemakainya dengan keberanian atau percaya diri yang tinggi. Akik dipercayai dapat menyembuhkan penyakit Insomnia (gangguan sulit tidur), menghadirkan mimpi indah dan memberi kontribusi bagi keseimbangan tubuh sang pemakai.  Kesempatan kali ini duniaklenik.com akan sedikit membahas tentang jenis-jenis batu akik serta manfaat dan kemampuannya :

Akik Lumut 
Batu akik lumut dipercaya dapat meningkatkan hubungan dengan alam sekitar.

Akik Lumut Hijau 
Batu akik lumut hijau mempunyai kemampuan untuk membantu menghilangkan racun dalam darah dan menyeimbangkan energi emosional. 

Akik Lumut Merah 
Batu akik lumut merah di percaya dapat membantu membersihkan darah serta menambah stamina fisik.

Akik Pohon  
Batu akik pohon memiliki kemampuan menolong didalam melakukan introspeksi diri dengan lebih jelas, mampu melihat dunia melalui sudut pandang yang lebih luas dan menurunkan demam serta kadar racun.

Akik Garis atau Pita 
Batu akik garis atau batu berguna untuk membantu dalam menarik kekuatan, meningkatkan rasa percaya diri atau kekuatan dan keberanian

Akik Renda atau Jalinan
Batu akik renda atau batu akik jalinan dipercaya dapat mengatasi depresi atau keputusasaan, membawa aura kegembiraan serta relaksasi dari tegangan otot serta kejang. 

Akik Renda Biru 
Untuk batu akik yang satu ini dapat membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan memberi ketenangan emosi.

Akik Menyerupai Bulu Burung 
Batu akik unik ini dipercaya dapat menguatkan pembuluh darah dan mengatasi rasa takut tanpa sebab yang jelas. Sangat baik untuk mengurangi rasa takut dalam berburu atau menemukan arah

Akik Bintik-bintik 
Batu akik bintik-bintik sangat baik untuk perlindungan ekstra kepada pengembara, batu ini merupakan salah satu batu para petualang

Akik Mata 
Batu akik mata sangat baik untuk melindungi dari kerusakan pada tubuh dan menghilangkan pikiran negatif

Akik Dendrite 
Untuk batu akik yang satu ini dipercaya dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Akik Dendrite adalah batu para petualang untuk memberikan keamanan dan kekuatan

Akik India 
Batu akik India dapat memberikan kekuatan jasmani, mampu mengatasi perasaan tidak aman atau tidak sejahtera dan menghilangkan kelemahan fisik dan  emosional

Akik Botswana 
Batu akik Botswana dipercaya mampu mengatasi ketidakpastian dari arah dan tujuan pribadi

Alexandrite 
Untuk batu yang satu ini diyakini dapat menolong orang untuk memusatkan pikiran pada diri sendiri, mampu memberikan rasa percaya diri dan memperbesar kemampuan untuk merasakan kebahagiaan. Konon di negara Rusia, memiliki Alexandrite adalah pertanda baik.  Bahkan Alexandrite juga dapat menstimulasi kekuatan sexual serta mengatasi rasa tidak cukup ada cinta didalam hidup seseorang.

Amethyst
Mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kekuatan spiritual atau batin serta kewaspadaan intuitif sang pemilik. Ametyst juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala. Sebagian orang percaya bahwa, menggunakan Amethyst atau minum dari cawan yang terbuat darinya, dapat membantu mencegah terjadinya keracunan.

Aquamarine
Untuk akik yang satu ini sering digunakan untuk suatu harapan baik didalam menjalani percintaan dan berbelas kasih. Aquamarine dipercaya juga dapat menolong meredakan depresi dan kesedihan. Disamping itu juga dipercaya dapat membangkitkan kembali rasa cinta pada pasangan yang telah lama menikah dan membantu mendapatkan teman-teman baru. Banyak yang percaya bahwa, menggunakan Aquamarine sebagai giwang atau anting-anting akan membawa cinta dan pengaruh baik. Awuamarin juga dapat membantu indera pengelihatan(mata), membantu mengurangi retensi cairan tubuh serta memberi keamanan dalam perjalanan melalui lautan.

Bloodstone
Batu Bloogstone manfaat utamanya adalah menstimulasi aliran energi untuk semua penyembuhan, menanggulangi trauma phisik, mampu menghilangkan pembatasan-pembatasan emosi dan menstimulasi peredaran darah. Sobat duniaklenik.com, Akik yang satu ini juga dipercaya dapat menghentikan perdarahan hanya dengan sentuhan saja. Disamping fungsinya untuk pengobatan tradisional, sejauh ini Bloodstone digunakan juga untuk menambah wawasan pandang seseorang terhadap dunia.  Pada abad pertengahan, batu ini juga dipercayai mempunyai kekuatan khusus karena bercak(spot) merah di batu ini dianggap sebagai darah dari Yesus Kristus.

Carnelian
Batu Carnelian dapat digunakan untuk menjernihkan pikiran (tmampu untuk melihat kenyataan secara lebih jelas). Mampu menyeimbangkan proses berpikir dan kreatifitas serta menaikkan level atau tingkatan energi. Pada tahun 1700an, batu Carnelian dikatakan dapat memberikan kekuatan dan perlindungan, memiliki aura keberuntungan serta kenyamanan.  Lantas di tahun 1800an,  juga dianggap mampu menolong orang yang memerlukan keberanian untuk berbicara.

Chrysoprase 
Batu yang satu ini sering digunakan untuk perlindungan spiritual dan mengatasi kelelahan emosi atau jiwa. Chrysoprase disebut juga sebagai Batu Kemenangan ('Victory-Stone'). Sekitar tahun 1800an, batu ini juga dikatakan dapat membantu pencuri untuk menjadi hilang dari pandangan(tak kasat mata). Kegunaan lainnya yaitu memperkuat mata dan jantung, meningkatkan konsentrasi saat kerja, mengusir hantu, mencegah mimpi buruk, serta menghilangkan keruwetan pikiran. Chrysoprase sangat baik dipakai oleh orang yang banyak bekerja dengan menggunakan otak (penulis, pencipta lagu, arsitek).

Citrine
Batu ini Citrine dikatakan dapat membantu orang untuk berhubungan dengan arwah(Spirit), dapat membantu asimilasi dari makanan, mengembangkan ketenangan mental pemiliknya serta membantu orang yang tidak cakap dalam berkomunikasi secara terbuka.

Diamond
Batu yang termasuk dalam salah satu batu mulia. Diamond dipercaya dapat meningkatkan kualitas diri dan kemampuan untuk melihat sesuatu dengan lebih jelas langsung dan jujur, baik positif atau negatif. Sobat duniaklenik.com, Selain itu juga dapat  membantu mengatasi rasa ketidakamanan secara materi. Konon makin baik kwalitas Diamond maka semakin baik daya manfaatnya. Diamond adalah lambang dari keberanian yang tidak terkalahkan. Sebagian penganut Hindu percaya bahwa Diamond yang kurang baik mutunya(mengandung bercak), bisa membawa sial hingga ia bahkan dapat mencabut(menghilangkan) Batara Indra dari tempatnya yang tertinggi di surga. Sementara di jaman sekarang diamond dengan kualitas paling rendah sekalipun(seperti warnanya yang jelek), tapi masih digunakan untuk keperluan industri.

Bersambung:  Jenis Batu Akik, Makna dan Kegunaan bagi Pemiliknya

1 Response to "Jenis-jenis Batu Akik, Makna dan Kegunaannya Menurut Primbon"