6 Kekuatan 'Mistis' Gamelan yang Jarang Diketahui

6 Kekuatan 'Mistis' Gamelan yang Jarang Diketahui

Dunia Klenik - Disaat "pemuda indonesia" di sibukkan dengan musik-musik lain seperti K-POP, permainan gamelan justru menjelajah dunia lain.

Bermain gamelan bukan hanya sekedar perkara menabuh alat musik atau semacamnya. Namun hal itu merupakan sarana pendidikan karakter "Memainkan gamelan berarti sedang belajar pengukuhan jati diri".

Berikut ini 6 kekuatan 'mistis' dari Gamelan:

1. Kreativitas
Meski tidak tepat sama, irama gamelan menyerupai musik klasik. Don campbell. Salah satu penulis buku efek mozart mengungkapkan musik klasik(gamelan) menghasilkan gelombang alfa yang dapat meransang sistem limbik jaringan neutron otak manusia. pikiran pun jadi lebih tajam dan kreativitas meningkat.

2. Kerja sama 
Timalat-alta gamelan seperti gong, kendang, dan yang lainnya.Tak bisa dimainkan sendirian, musti bersamaan dan membutuhkan kerja sama yang rapi supaya bisa melahirkann laras-laras yang harmonis.

3. Pengendalian diri
Ketenangan adalah syarat mutlak memainkan gamelan. Bila tidak bisa mengendalikan "emosi" tangan-tangan pemainnya akan cenderung mempercepat tempo. Kesalahan ini dapat merusak harmonisasi.

4. Kesetaraan
Tidak boleh ada alat musik yang menonjol dalam memainkan gamelan. Permainan "solo"pun tidak diperbolehkan. Seluruh pemain adalah setara sebab jika salah satu alat musik menonjol berarti pemain tidak serius dan tidak dapat memenuhi poin lainnya seperti "Komunikasi" antar pemain gamelan yang harus saling terhubung.

5. Komunikasi
Dalam memainkan gamelan, seluruh anggota tim mesti rajin berkomunikasi guna membangun rasa pengertian antar pemain. Tak seperti musik modern dan eropa, sangat jarang gamelan memakai kertas notasi saat dimainkan. Mungkin karena inilah Penjara Dovegate di staffordshire, inggris, menyajikan terapi gamelan untuk para napi.

6. Mempertajam Konsentrasi
Menabuh gamelan harus dengan konsentrasi penuh supaya memberi "ruh" kepada gending yang sedang dimainkan. Keseriusannya seperti meditasi. Bila iramanya rusak, maka gagal pula sembhanya terhadap sang pencipta.

Itulah tadi 6 kekuatan 'mistis' gamelan yang jarang diketahui, semoga artikel singkat ini dapat menambah kecintaan kita kepada alat musik tradisional ini yang mulai sedikit terlupakan.

0 Response to "6 Kekuatan 'Mistis' Gamelan yang Jarang Diketahui"